Proses Dasar Body Repair Mobil

Mungkin anda pernah mengalami kecelakaan serius atau ringan pada body mobil anda, pertama bila mengalami kerusakan ringan maupun berat kita harus mengetahui dimana saja yang terjadi baretan jangan sampai pemilik kendaraan tidak mengetahui apa yang terjadi pada kendaraan anda sendiri.

Setelah dirasakan sudah mengidentifikasi kerusakan tersebut maka sebaiknya mencari bengkel body repair dan oven paint spesialist, tahap kedua, Cari bengkel yang khusus mengerjakan body repair mobil supaya dapat memilih tempat bengkel yang memang diyakini, mampu mengerjakan secara rapi dan benar dalam waktu yang tepat sesuai rencana.

Proses body repair metodenya bermacam-macam, tergantung dari jenis kerusakan yang terjadi. Dan kerusakan yang terjadi berbeda-beda ukurannya. Beberapa orang mungkin banyak yang belum tahu proses umum dari body repair mobil, karena mereka jarang untuk melihat proses body repair mobil itu sendiri.

Berikut beberapa proses umum dari rangkaian body repair mobil.

• Cleaning : proses awal adalah melakukan pembersihan terhadap body mobil yang tergores ataupun penyok.

• Pengetokan (Beating) : Sebelum melakukan proses pengetokan, biasanya para ahli body repair mobil melakukan pembongkaran pada body, jika posisi untuk melakukan pengetokan terhalang dengan sesuatu seperti dashboard pintu mobil.Tetapi jika penyok berada di kap mobil akan lebih mudah untuk melakukan perbaikan.

• Dempul : ini merupakan proses untuk membuat kondisi panel yang diperbaiki menjadi seperti bentuk panel aslinya. Sebelum dilakukan proses pendempulan, kendaraan dibungkus dengan tujuan untuk mencegah bagian kendaraan yang tidak diperbaiki terkena efek dari proses pendempulan dan pengecatan. Selain itu juga menggunakan proses pengamplasan basah tetapi untuk kasus tertentu proses pengeringannya dibantu dengan lampu infrared agar bisa lebih cepat.

• Pengecatan : Ini dilakukan jika body mobil mengalami kerusakan yang besar termasuk cat aslinya sudah tidak bagus lagi.

• Perakitan (Assembly) : proses pemasangan kembali part-part mobil yang dilepas untuk dilakukan perbaikan.

• Pemolesan (Polishing) : Proses ini merupakan proses pemolesan pada hasil cat yang sudah dilakukan.

• Pencucian : Proses ini dilakukan setelah pemolesan, tapi proses ini tergantung dari masing-masing bengkel body repair yang anda percayakan untuk memperbaiki mobil anda.

• Pemeriksaan akhir : Proses ini sangat penting untuk mengecek hasil body repair mobil yang sudah dilakukan, agar tidak ada lagi kesalahan dalam melakukan perbaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s