Proses Pengerjaan Bengkel Body Repair

Saat ini terdapat dua pilihan dalam perbaikan mobil, yaitu “BENGKEL BODY REPAIR” dan “BENGKEL KETOK MAGIC/HALUS”. Masing-masing bengkel memiliki metode perbaikan yang berbeda, seperti bengkel ketok magic menggunakan metode “Ketok Halus” dan bengkel body repair menggunakan metode “Ketok Las” dalam memperbaiki body atau chassis mobil yang rusak. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan, namun pada prinsipnya kedua metode tersebut bertujuan sama yaitu memperbaiki body – chassis agar dapat di rekondisi seperti sebelumnya.

Pada setiap proses perbaikan body maupun chassis, hasil akhir sangat tergantung kepada pengalaman/keahlian pekerja dan metode perbaikan yang diterapkan. Tidak semua bengkel dapat menerapkan metode ketok las dan ketok halus secara bersamaan, karena terdapat keterbatasan tenaga ahli ketok halus saat ini. Pada umumnya bengkel menerapkan hanya satu metode saja yaitu ketok las untuk melakukan perbaikan-perbaikan pada body dan chassis.

Contoh Pengerjaan Bengkel body Repair:

Body kendaraan penyok dan plat body tidak memuai/terlipat, maka metode ketok halus sangat tepat dilakukan untuk memperbaiki body tersebut tanpa merusak permukaan plat/cat (keorisilan tetap terjaga). Sebaliknya bila kondisi plat body memuai/terlipat maka untuk memperbaiki body kendaraan tersebut diperlukan metode ketok las dan kemudian dirapikan dengan metode ketok halus.

Dalam menangani perbaikan mobil tabrakan, banyak hal yang perlu dicermati dalam proses perbaikan agar hasil yang diperoleh maksimal. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman dalam memperbaiki mobil tabrakan sering menyebabkan hasil perbaikan kurang maksimal, seperti:

1.            Chassis & body tidak presisi (miring).

2.            Kaki-2 maupun roda depan-belakang tidak simetris.

3.            Stir mobil selalu lari kekiri-kekanan dan laju kendaraan tidak bisa stabil (tidak bisa di spooring).

4.            Jarak body kanan-kiri & depan-belakang dengan permukaan tanah tidak sama.

5.            Pendempulan body tebal pada bagian body yang rusak (keterbatasan pada kemampuan ketok halus)

Maka dari itu sebelum memilih bengkel body repair untuk kendaraan anda perhatikan baik-baik bengkel body repair tersebut benar-benar tepat atau tidak dalam melakukaan pengerjaaan pada kendaraan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s