Kesalahan Yang Terjadi Dalam Proseses Finishing Yang Dapat merusak Cat Mobil bagus Anda

Dalam proses pengecatan mobil anda perlu melewati beberapa fase yang paling penting anda harus memperhatikan proses dalam finishing karena dalam proses finishing dapat  banyak hal dapat terjadi agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi maka anda harus berhati-hati dan anda harus mengetahui  kesalahan-kesalahan  dalam yang dapat terjadi dan merusak cat mobil bagus anda.

1. Kesalahan dalam pencampuran kekentalan cat.

Pada saat mencampur clear coat & menambahkan hardener yang terlalu banyak pada clear coat akan menimbulkan masalah, karena akan menghambat proses penguapan yang terjadi. Clear coat tidak akan mempunyai waktu untuk oksidasi dengan cukup. Setelah pengecatan baru akan dijumpai hasil pengecatan yang menyerupai kulit jeruk. Hal ini juga dipengaruhi oleh jenis / type thinner pada suhu yang digunakan untuk pengecatan. Thinner yang cepat kering pada suhu yang panas dapat juga menyebabkan pengecatan seperti kulit jeruk karena ketidak cocokan penguapan bahan pengecatan.

2. Tekanan Angin Spray Gun Yang Terlalu Rendah.

Pada saat penyemprotan, tekanan angin yang kurang tidak memberikan waktu cat untuk proses penguapan / bereaksi menerobos lapisan atasnya dengan cukup.

Setelah mengetahui hal yang dapat menyebabkan cat mobil bagus Anda menjadi tidak indah berikut ini ada tips agar dapat meminimalisir hal terbeut terjadi :

a. Pada saat penyemprotan  gunakan tekann pada bodi mobil anda tekanan pada  spray gun paling tidak kisaran 28 – 30 psi.

b. Semprotkan cat dengan kecepatan dan langkah yang ideal untuk memberikan pola & daya tutup yang rata pada permukaan bidang pengecatan, agar didapatkan hasil yang maksimal pada proses pengecatan cat mobil bagus Anda.

c. Ukuran Jarum Spraygun. Kesalahan yang paling lazim adalah menggunakan nozzle ukuran 1.8 daripada ukuran 1.3 – 1.4 yang dianjurakan pada pengecatan finishing mobil.

d. Suhu Sekitar Ruangan Pengecatan. Suhu yang panas dapat menyebabkan cat kering lebih cepat dari yang anda harapkan, hal inilah salah satu faktor penentu cat mobil bagus Anda menjadi tidak sempurna. Gunakanlah Type dan jenis Thinner Slow pada saat mengecat pada temperatur lingkungan yang panas

Maka dari itu apabalia anda telah mengetahui apa yang dapat menyebabkan cat mobil bagus Anda menjadi tidak indah, bahkan gagal  Anda dapat mencegahnya dengan melakukan tahap pengecatan, serta proses finishing yang sempurna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s